GUNA MENJADI TELLER BANK YANG PROFESIONAL, HMPS PS IAIN KUDUS BERIKAN WADAH KEPADA MAHASIWA PERBANKAN SYARIAH

Blog Single

HMPS Perbankan Syari’ah IAIN Kudus 2023 sukses menggelar acara “ WORKSHOP BANKER AND MARKETING” dengan tema “Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Praktik Profesi dan Marketing dalam Bidang Perbankan Syari’ah” yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2023 bertempat di SBSN lt 1 IAIN Kudus. Workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa perbankan syariah guna menjadi  teller perbankan yang professional untuk kedepannya.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber yaitu, Ibu Sufiana Noor, M.M. (Dosen FEBI IAIN Kudus) dan Bapak Wahyu Kotabumi AM, M.M. (Praktisi BSI) yang pada saat itu tidak bisa hadir dan digantikan oleh Ibu Nurul Hidayah, S.E. (Praktisi BSI) dan Bapak Wakhid Junaidi, S.E. (Praktisi BSI) Workshop ini dihadiri oleh ratusan mahasiwa-mahasiswi Perbankan Syariah sendiri baik itu angkatan 2020-2022 dan mahasiswa IAIN selain prodi Perbankan Syariah. Jenis materi  pelatihan yang diajarkan adalah (1) Teller and customer service, dan (2) Building Customer Relationship.

Muchammad Devid Irawan selaku Ketua HMPS Perbankan Syariah dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa perbankan syariah sebagai teller perbankan yang profesional.

Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Bapak Surepno, SE, M.Si.AK,CA selaku Ketua Prodi Perbankan Syariah. Dalam sambutannya beliau mengatakan.” Terimakasih kepada hmps perbankan syariah karena sudah mengadakan workshop banker and marketing ini. Semoga nanti mahasiswa makin maju dan bisa mengembangkan potensi soft skill para mahasiswa nya.”

Dilanjut materi pertama Customer Service di sampaikan oleh Ibu Sufiana Noor, M.M. Beliau menjelaskan bahwa materi ini diperuntukan untuk memberikan kepuasan nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah. Sedangkan Teller yaitu petugas karyawan kasir bank yang melayani dan mempertanggungjawabkan lalu lintas pembayaran uang tunai. Di dalam penyampaian materi beliau juga mengajarkan bagaimana cara menjadi teller dengan baik.

Sedangkan Materi yang (2), Bagaimana cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan:

  1. Memenuhi harapan pelanggan
  2. Melakukan komunikasi secara intens
  3. Meminta pelanggan memberikan feedback
  4. Memberikan penghargaan
  5. Aktif di media sosial
  6. Mengatasi masalah yang terjadi
  7. Berusaha tidak pernah ingkar kepada pelanggan
  8. Menjadi seorang yang ahli dan menguasai produk
  9. Mendapatkan kontak pelanggan
  10. Adanya komunitas akan mendekatkan pelanggan kepada anda

Setelah penyampaian kedua materi tersebut selesai, dilanjut denga sesi tanya jawab dimana peserta bertnaya kepada narasumber-narasumber, dilanjut pemberian doorprize oleh panitia kepada peserta yang aktif bertanya, setelah itu dilanjut foto bersama.

Maulani Nurul Firdaus selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada peserta dan panitia yang sudah menyempatkan waktunya pada acara ini, ia berharap materi-materi yang disampaikan oleh narasumber-narasumber kita tadi bisa bermanfaat kepada mereka kelak nanti aamiin

Share this Post1:

Galeri Photo