HMPS PERBANKAN SYARIAH 2024 GELAR WORKSHOP BANKER AND MARKETING : Prepare Yourself to Become a Profesional Bankir
Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Kudus 2024 menggelar acara WORKSHOP BANKER AND MARKETING” dengan tema “Prepare Yourself to Become a Profesional Bankir ” yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2024 bertempat di SBSN Lantai 2 IAIN Kudus.
Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang bagaimana digital marketing berperan dalam mengkomunikasikan pesan kepada audiens secara efisien melalui berbagai platform online, seperti media sosial, mesin pencari, dan situs web. Dengan memadukan pengetahuan tentang data analytic dan pemasaran digital, sehingga mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan berorientasi pada data untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
Workshop ini dihadiri oleh mahasiwa dan mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah baik itu angkatan 2021-2023. Workshop ini menghadirkan dua narasumber yaitu, Ibu Dessyi Setiyorini dan Ibu Nurul Hidayah. Beberapa materi pelatihan yang diajarkan adalah (1) Data Analyst, dan (2) Digital Marketing. Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Bapak Kharis Fadlullah Hana, M.E RSA. selaku Ketua Prodi Perbankan Syariah.
Dilanjut materi pertama Data Analytic yang disampaikan oleh Ibu Dessy Setiyorini, Beliau menjelaskan bahwa Data Analytic meupakan suatu tindakan menganalisis data mentah untuk tujuan tertentu, mengacu pada cara analisis data atau informasi yang telah dikumpulkan begitu banyak dalam satu server(big data). Adapun manfaat dari data analytic yaitu :
- Pengolahan data statistik lebih mudah
- Perhitungan lebih akurat
- Efisiensi waktu yang lebih tinggi
- Solusi Bisnis
Kemudian dilanjut Materi kedua Digital Marketing yang disampaikan oleh Ibu Nurul Hidayah menjelaskan bahwa Digital marketing merupakan proses pemasaran maupun promosi suatu brand, produk, maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam kegiatannya. Tentunya tujuan melakukan digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara yang efisien. Maka tetap diperlukan strategi dalam praktiknya berupa Search Engine Optimization(SEO), Content Marketing, Online Advertising dan Influencer Marketing. Adapun Digital Marketing di Bank Syariah Indonesia yaitu :
- BSI Mobile merupakan aplikasi mobile banking milik BSI yang menyediakan berbagai fitur dan layanan.
- QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)
- EDC (Electronic Data Capture) adalah alat elektronik yang digunakan oleh Merchant yang bekerja sama dengan Bank BSI untuk menerima transaksi pembayaran menggunakan Kartu ATM/Debit jaringan nasional (GPN), VISA, MasterCard, dan/atau QRIS. Sama seperti QRIS, EDC memiliki 2 jenis transaksi: On Us dan Off Us.
- BEWIZE merupakan platform cash management system (CMS) yang memfasilitasi cash management, value chain, trade finance dan FX
- BSI Smart Agent adalah Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif yang disediakan BSI melalui kerja sama dengan agen dengan didukung sarana teknologi informasi.
Setelah penyampaian kedua materi tersebut selesai, pada sesi terakhir ada tanya jawab dimana peserta bertanya kepada narasumber dilanjut pemberian doorprize dan setelah itu ada foto bersama.